merapi = kelabakan

on Jumat, 05 November 2010
well, kali ini gue mau posting lagi tentang gunung teraktif di dunia, merapi.
kemaren pagi gue sempet fotoin kepulan asap atau awan dari atas gunung merapi. emang sih bagus, tapi kan sebenernya itu mengerikan. gila aje tingginya tuh mencapai 4 km, tau nggak sih? haduh haduh, coba deh kita liat fotonya berikut ini.




***

fiuh, malem tadi tuh pokoknya keadaan tertegang yang pernah gue alami (alay).
gimana enggak, gue sama anak-anak asrama pada siap-siap pake baju, 
jaga-jaga kalo ada apa-apa gitu.

awalnya tuh gue lagi asyik main happy island sekitar jam 11an gitu, eh tau-tau lampu mati ! oke, mati listrik lebih tepatnya. dan pada hari itu merupakan pemadaman listrik yang ketiga kalinya. ckckck parah
otomatis gue kelabakan dong ya, gue sms ka anggun, biasanya dia belum tidur sih. yodah gue ke atas, bercengkerama berdua di gelapnya malam dan heningnya dunia. halah

tiba-tiba kita tuh denger suara gemuruh. lumayan lama. dan bunyinya stabil.
berbeda dengan suara gemuruh kalo mau ujan. pokoknya beda deh !
gue sama ka anggun bingung juga, itu suara mau ujan atau suara merapi ??

setelah bunyi itu berhenti kita balik ngobrol lagi.
eh tiba-tiba denger suara ibu-ibu sama bapak-bapak kayak naik ke teras atas asrama. kontan ka anggun ngambil pisau yang ada di meja ruang tamu dan ngeliat ke luar lewat jendela. buat memastikan, dibuka deh pintunya sekalian.
ternyata bapak-bapak jaga malam. mungkin ibu-ibunya itu ibu sebelah asrama.
dan kemungkinan mereka pengen liat merapi kayak gimana keadaannya. mungkin lho ya.

pet! lampu nyala. ugh seneng banget. nonton tipi langsung deh. nah tiba-tiba berita di tipi tuh bilang kalo reporter mereka tuh melaporkan kalo barusan ada gemuruh dari merapi. otomatislah gue sama ka anggun yakin kalo yang kita denger tadi tuh gemuruh dari merapi.
dan was-was lah kami. hadeeehh..
ditambah pengumuman dari mesjid yang menyuruh warganya bangun, karena merapi lagi 'on' banget, gitu. 
udah, gue sama ka anggun bangunin anak-anak asrama yang lain. siap-siaplah kami berbaju dengan selayaknya. beuh, ribet dah pokoknya, bingung apa aja yang mau dibawa.

setelah berkumpul di atas dan dengan pakaian yang lengkap, kita nonton tipi deh, mau liat perkembangan merapi kaya gimana.
diluar juga lagi ujan pasir. Bayangkan ! pasir ! bukan air ! beuh, horor banget dah, secara ya malam jumat. huooowww...
 
karena capek dan ngantuk akhirnya gue memutuskan untuk tiduran di kamar ka anggun, sementara orang yang punya kamar asyik teleponan sama cowoknya.
yaelah namanya orang ngantuk ya kalo kena bantal aja, haduuh molor deh. gak kecuali gue. sampai akhirnya jam setengah 4, ka anggun ngebangunin gue. katanya sih udah nggak papa, insya Allah. yodah gue pindah ke kamar gue dan membawa perlengkapan yang gue persiapin buat kabur. hehehe

daaaan setelah gue bangun dari tidur paginya, heum langit gelap, abu berterbangan, bayangin aja jarak pandang cuma 10m !! buju busyet, padahal gue ada kuliah pagi hari ini. karena males binti gak mau terkena bengek, gue ngesms temen gue deh, nanya dia kuliah apa enggak.
dan ternyata ada temen gue yang rajin banget ke kampus, ya ampun kasian banget sih. sekitar jam 7 gitu kuliahnya belum mulai, yodah gue memutuskan untuk nggak kekampus. 

apalagi gue di sms temen kalo kuliah dan praktikum hari ini diliburkan, alhamdulillah gue nggak kerajinan untuk kekampus. hehehe. 
sekarang gue sama temen gue nongkrong di depan leptop sambil online ora jelas, kayak sekarang ini, sambil nonton tipi, yah kan kita juga mau liat perkembangan merapi kaya gimana gitu.

okelah kalau begitu, untuk menutup postingan gue kali ini, gue mau kasih liat keadaan sekitar asrama gue. yuk mariiiiy

ini abu + pasir item yang ada di pagar teras

 liat langitnya yang mendung

genteng yang merah merekah jadi begini ??

tertutup abu + pasir

sori, ini anak asrama yang kurang kerjaan dan narsis nulis namanya di sini

 tuh kan, bikin kotor teras

 langit jogja yang tampak mendung, tertutup abu vulkanik

 hadeeeh...kaya ketutup salju aja.

 heum...

 atap asrama yang terbuat dari asbes, makin putih deh.

 nih di perempatan barek


 jakal daerah UGM


 ini mobilnya masih mending, ada yang lebih parah. 
cuma nggak sempet kepoto aja.

oke, sekian postingan gue hari ini. semoga merapi nggak ngamuk lagi. tapi soal liburnya kuliah, itu wajib diperpanjang. karena kan pemulihan udara yang nggak baik kesehatan ini masih memenuhi kota jogjakarta dan sekitarnya.
baiklah kalau begitu. #apacoba?

0 komentar:

Posting Komentar